Review Film The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021) - Membunuh Karena Setan

The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021)

Assalamu’alaikum.

Yo wadup para manusia lemah, yang kalau nonton film suka dipercepat, terus bilang filmnya gak enak padahal dianya sendiri yang nonton gak bener.

Gimana kabar ente hari ini bre?
Apakah yang jomblo masih jomblo?
Yang pacaran udah diputusin?
Yang nikah udah nganu?

Ya, aktivitas apapun yang sekarang sedang kalian lakukan dan alami, semoga semuanya berjalan dengan lancar dan berakhir bahagia seperti ending film romance ya bre. Selalu happy ending yakan. Ya ada juga sih beberapa film romance yang dead/sad ending, tapi jarang.

Nah, pada kesempatan kali ini ane mau review santai film The Conjuring: The Devil Made Me Do It yang belom lama dirilis tahun ini bre. Buat kalian pecinta film horor, pasti udah gak asing lagi sama judul film The Conjuring. Bahkan ini adalah seri film yang ketiganya.

Okelah bre, tanpa basa basahan lagi langsung saja kita masuk ke pembahasan filmnya kuy.

Gaskeun!

1. TENTANG FILM

Judul : The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021)
Dirilis Pada : 02 Juni 2021
Negara : US
Bahasa : English
Genre : Horror, Mystery, Thriller
Sutradara : Michael Chaves
Penulis : David Leslie Johnson-McGoldrick, James Wan
Rating IMDb : 6,4/10

2. PEMERAN

  1. Patrick Wilson sebagai Ed Warren
  2. Vera Farmiga sebagai Lorraine Warren
  3. Ruairi O'Connor sebagai Arne Cheyenne Johnson
  4. Sarah Catherine Hook sebagai Debbie Glatzel
  5. Julian Hilliard sebagai David Glatzel
  6. John Noble sebagai Kastner
  7. Eugenie Bondurant sebagai The Occultist
  8. Shannon Kook sebagai Drew
  9. Ronnie Gene Blevins sebagai Bruno
  10. Keith Arthur Bolden sebagai Sergeant Clay
  11. Steve Coulter sebagai Father Gordon
  12. Vince Pisani sebagai Father Newman
  13. Ingrid Bisu sebagai Jessica
  14. Andrea Andrade sebagai Katie
  15. Ashley LeConte Campbell sebagai Meryl

3. STATUS FILM

Adegan Kekerasan      : Tinggi (Kerasukan, Pembunuhan)
Adegan Dewasa          : Sedang (Ciuman)
Rating Usia                 : Remaja+

4. SINOPSIS

Alkisah suatu hari di tanah kapitalis, eh maksudnya di tanah Amerika, ada sebuah keluarga yang bernama keluarga Glatzel. Mereka baru saja pindah ke rumah mereka yang baru. Dan dari awal perpindahan mereka tersebut, anak laki-laki keluarga Glatzel yang bermama David sudah mulai melihat penamakan hantu yang sangat mengerikan.

Sejak penampakan pertama di rumah baru tersebut, David menjadi semakin berubah, ia sering kerasukan iblis dan titik yang terparah adalah hari itu. Saat Ed dan Lorraine, dua pasangan pengusir iblis dipanggil untuk mengobati David yang sedang kerasukan parah. Bahkan paranormal sekelas Ed dan Lorraine pun sangat kekusahan menghadapi iblis yang ada di dalam tubuh David.

Ketika David sedang kerasukan yang sangat parah, hingga ia terangkat terbang ke atas. Saat itulah calon kakak ipar David yang bernama Arne. Arne yang saat itu marah sekaligus tidak tega melihat iblis yang merasuki David terus-terusan. Akhirnya Arne menantang iblis yang ada di dalam tubuh David yang sedang kerasukan parah.

Arne mengatakan untuk mengambil tubuhnya saja, dan meninggalkan David. Karena dia hanyalah seorang anak-anak. Arne menantang terus dan mengatakan kepada iblis di dalam tubuh David untuk merasukinya saja. Dan benar saja, akhirnya iblis yang ada di dalam tubuh David pindah merasuki tubuh Arne secara diam-diam.

Setelah itu David pun tersadarkan. Dan semua keluarganya senang karena David sudah sembuh, padahal mereka tidak tau bahwa iblis tersebut tidaklah hilang, melainkan pindah ke tubuh Arne yang saat itu juga tidak sadar.

Sejak kejadian itu, Arne menjadi aneh, dan sering melihat penampakan-penampakan hantu yang sangat menyeramkan. Hidupnya menjadi seperti mimpi buruk. Hingga finalnya suatu hari Arne kerasukan dan menyangka bos di tempat kerjanya adalah iblis, dan ia membunuh bosnya tersebut.

Terpaksa Ed dan Lorraine kembali lagi untuk melawan iblis yang ada di tubuh Arne, dan mencoba membela Arne yang dituduh membunuh bosnya tersebut.

Apakah kira-kira Ed dan Lorraine dapat benar-benar memusnahkan Iblis yang ada di dalam tubuh Arne? Dan membuktikan bahwa Arne membunuh karena ketidaksengajaan atau kerasukan?






TRAILER


5. REVIEW PRIBADI

Yo kawan, akhirnya film horor yang selalu ane tunggu-tunggu kelanjutannya sudah dirilis juga. Film yang sudah sangat populer ya. Dari judulnya saja orang pasti sudah langsung ngeh, bawah The Conjuring ini film hantu yang suka ngerasukin orang-orang di amerika sono. Dan filmnya selalu berdasarkan ceritnya nyata.

Jadi setelah ane menonton film ini sendirian di kamar, dengan perasaan pemberani dan tidak takut sama sekali. (Muehehehe)

Hal pertama yang ane sadari adalah bahwa The Conjuring versi ini menurut ane mengandung drama yang lebih kental daripada seri movie yang sebelum-sebelumnya. Entah kenapa ane merasa dramanya itu lebih kuat dari pada film sebelumnya. Jadi ya ini nilai tambah sih, karena bisa memperkuat jalan ceritanya.

Terus bukan cuma dramanya yang kental, namun karakter yang paling terkenal, yaitu Ed dan Laurrane yang mungkin di seri movie sebelumnya kita tidak terlalu mengenal masa lalu mereka berdua ya. Namun di film ini cerita karakter mereka berdua juga semakin diperkuat.

Hubungan Ed dan Laurrance lebih disoroti di film yang ini. Dan masa lalu mereka yang belum kita ketahui sama sekali juga sedikit dibahas.

Namun ada beberapa minus sih menurut ane dari ini film. Yaitu film The Conjuring yang versi ini lebih mirip film Thriller atau film Monster daripada film hantu.

Yap, kalau versi sebelumnya kan jelas hantunya itu menakutkan ya. Ada yg kain berbentuk hantu, boneka annabel yang kerasukan, atau jumpscare yang buat degdegan. Namun di film ini ane rasa adegan horor karena hantunya kurang. Lebih ke monster kayaknya. Karena mungkin kasus kali ini bukan kasus hantu biasa kali ya, tapi melibatkan ilmu hitam. Seperti mayat bisa dihidupkan lagi, jadi kayak monster.

Namun ya Endingnya tetap memuaskan sih bre. Seperti biasa, ditutup dengan konflik yang tinggi antara Ed dan Laurane dengan iblis yang sedang mereka hadapi. Konflik di film ini juga lebih tinggi. Dan ya, masih ada adegan-adegan creepy yang membuat ane sedikit melongo saat nonton ini film.

Karena dua film The Conjuring yang lalu lebih ke horor hantunya, namun yang satu ini lebih kuat drama dan konflik manusianya. Namun tetap dibalut kemistisan dan kerasukan.

Rating Pribadi : 8,6/10


6. REKOMENDASI GAK?

Yoi mamang, film ini ane rekomendasikan buat klean tonton ya bre. Khususnya untuk yang udah ngikutin movie The Conjuring dari yang pertama sampai yang kedua. Pasti klean penasaran kan bagaimana kelanjutan film ketiganya ini? Kalau emang penasaran ya gas aja tonton langsung apalagi yang ditunggu bujang.

Dan semoga aja film ini sesuai sama ekspetasi kalian. Kalaupun gak sesuai ekspetasi, ya maklum aja, karena menurut ane sendiri cerita film yang ketiga ini lebih kena ke dramanya sih. Ya mungkin mereka juga emang mau buat yang berbeda dari yang sebelum-sebelumnya.

*****

Selesai sudah bre review santai pada hari yang berbahagia bagi yang sudah menikah, dan hari yang menyedihkan bagi para jones ini.

Gimana menurut klean, yang belom nonton ini film klean penasaran gak?
Dan bagi yang udah nonton, gimana bre filmnya?

Silahkan komen di bawah ya bre, dan jangan lupa untuk membaca review-review santai yang lainnya bre.

Sampai jumpa di film berikutnya!

Wassalamu’alaikum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon