Review Film Detention (2019) - Film Perjuangan Rasa Horor

Detention (2019)

Assalamu’alaikum.

Yo bre, sehat kan?

Ingat ya bre, terkadang walaupun hidup kita ini berjalan secara aneh dan penuh ketidakjelasan, setidaknya kita harus tetap bertahan dan terus melangkah bre. Walaupun kadang keanehan di dalam hidup kita ini random banget. Contoh, misalnya tiba-tiba ada meteor jatuh ke kota ente, dan ente harus bisa terbang untuk menghancurkan meteor tersebut.

Nah, ngomong soal aneh. Kali ini ane akan mereview sebuah film yang aneh, namun menarik dan keanehannya terstruktur bre. Dan menurut ane ini film bagus.

Mungkin sebagian besar dari klean belom tau ya soal ini film. Ane sendiri juga taunya dari group film di facebook. Ada member group yang merekomendasikan ini film. Awalnya ane ragu, karena jarang juga nonton film taiwan. Namun setelah ane tonton, ternyata filmnya unik dan punya kemenarikan tersendiri.

Judulnya adalah Detention. Katanya sih yang ane baca di google, ini film versi live dari sebuah game. Ane kurang tau juga, yang pasti tanpa berbasa-basahan lagi, langsung aja kuy bre kita masuk ke pembahasan filmnya.

Gaskeun!

1. TENTANG FILM

Judul : Detention (2019)
Dirilis Pada : 16 Desember 2020
Negara : Taiwan
Bahasa : Taiwan
Genre : Horror, Mystery, Thriller
Sutradara : John Hsu
Penulis : Shih-Keng Chien, Lyra Fu
Rating IMDb : 6,8/10

2. PEMERAN

  1. Gingle Wang sebagai Fang Ray-Shin
  2. Meng-Po Fu sebagai Chang Ming-Hui
  3. Jing-Hua Tseng sebagai Wei Chong-Ting (as Chin-Hua Tseng)
  4. Cecilia Choi sebagai Yin Cui-Han
  5. Hung Chang Chu sebagai Inspector Bai
  6. Yue-Ti Liu sebagai Mr. Kao
  7. Pen-yu Chang sebagai Fang's Mother (as Jessie Chang)
  8. Ching-Ting Hsia sebagai Fang's Father
  9. Chung-Yueh Yun sebagai Old Wei Zhong-Ting
  10. Chin-Yu Pan sebagai Sheng
  11. Kuan-yi Lee sebagai Wen-Xiong
  12. Moon Lee sebagai Zhou Xin

3. STATUS FILM

Adegan Kekerasan      : Sedang (Pemukulan, Pembakaran)
Adegan Dewasa          : No
Rating Usia                 : Remaja+

4. SINOPSIS

Alkisah pada tahun 1962 di sebuah sekolah SMA di tanah Taiwan, ada seorang pemuda bernama Wei Chong. Ia adalah seorang murid di sekolah tersebut. Dan yang perlu kalian ketahui, bahwa pada tahun ini Taiwan sedang dalam kepemimpinan Militer, dan masyarakat dipimpin dengan sangat ketat. Menurut ane seperti penjajahan yang dilakukan oleh Militer di sana.

Jadi pada saat itu, masyarakarnya benar-benar di atur dengan sangat ketat. Bahkan sampai sekolah di sana juga mengikuti protokol dan memakai saragam yang mirip saragam militer.

Dan hal yang paling dilarang saat itu adalah berbicara tentang kebebasan. Masyarakatnya dilarang untuk membicarakan kebebasan. Hingga buku-buku yang bertemakan kebebasan dan komunis sangat dilarang saat itu. Karena pihak militer sangat takut warganya melakukan perlawanan.

Jadi pada saat itu, Wei Chong ternyata diam-diam bersama teman-teman dan dua orang guru di sekolah itu, mereka membuat sebuah perkumpulan rahasia yang bermarkas di gudang sekolah.

Mereka menyebut perkumpulan rahasia mereka itu dengan sebutan Club Buku. Di dalam club buku itu, Wei Chong dan teman-teman serta gurunya membaca dan menyalin buku-buku yang bertemakan kebebasan.

Mereka diam-diam membaca buku tentang kebebasan dan puisi-puisi tentang perjuangan kebebasan.

Hingga suatu hari Club Buku mereka akhirnya ketahuan oleh pihak sekolah, Wei Chong dan teman-teman, serta gurunya ditangkap oleh pihak militer, mereka disiksa dan diminta bersaksi apakah mereka merencanakan pengkhianatan atau tidak. Karena jika mereka tidak mengaku, maka hukumannya adalah kematian.

Disamping itu, ada seorang murid wanita bernama Fang Ray.

Fang Ray adalah seorang murid yang dikenal sebagai murid teladan di sekolah itu. Dan bukan hanya itu, Wei Chong ternyata menyukai Fang Ray. Namun Fang Ray menyukai seorang guru di sekolah tersebut. Dan Fang Ray juga sudah mengetahui bahwa Wei Chong diam-diam mempunyai perkumpulan rahasia di sekolah tersebut.

Setelah perkumpulan Club Buku ditangkap dan Wei Chong disiksa hingga pingsan. Tiba-tiba saja ia bermimpi, dan dalam mimpi tersebut ia bertemu dengan Fang Ray.

Dalam mimpi buruk tersebut, Wei Chong dan Fang Ray terjebak di sekolah mereka. Mereka berusaha untuk keluar dari sekolah mengerikan tersebut. Namun perjalanan mereka tidak mudah, karena di sekolah tersebut terdapat seorang monster mengerikan yang dapat membunuh mereka berdua.

Dapatkah mereka keluar dari sekolah tersebut? Dan bagaimana keadaan Wei Chong, apakah ia akan selamat dari Militer karena telah ditangkap atas pengkhianatan? Dan apakah Fang Ray ikut terlibat dalam kelompok rahasia itu?





TRAILER

5. REVIEW PRIBADI

Yang pertama kali terlintas di dalam pikiran ane ketika sedang menulis review film Detention ini adalah "Unik bet ini film njir."

Gimana ya bilangnya, ini film bener-bener aneh banget. Namun keanehannya itu terstruktur bre. Maksudnya gak cuma film yang aneh doang, bukan cuma film yang nampilin adegan-adegan aneh yang random. Namun keanehan di film ini tersusun rapih, walau tetap buat bingung.

Dan bener-bener ini film jauh diluar ekspetasi ane. Ane kira ini film hantu, ternyata film perjuangan njir. Perjuangan dari rezim/penguasa yang kejam saat itu. Namun diceritakan dengan adegan-adegan horor, aneh, dan mencekam.

Gimana? Unik gak tuh? Baru kali ini ane nonton film tentang perjuangan yang diceritakan dengan horor. Bener-bener konsep cerita yang unik banget dah.

Dan ane suka banget sama Sound Effect di dalam film Detention ini. Bener-bener pas banget sound effectnya sama adegan-adegan yang ada di dalamnya. Buat ane jadi lebih tenggelam ke dalam filmnya dan terasa banget feel mencekamnya.

Disamping keanehan itu semua, sebenarnya film ini mengandung pesan yang terselubung bre. Gimana ya, mungkin perumpamaannya gini.

Klean mau menceritakan pengalaman sedih kelan pas ditolak sama orang yang klean cinta. Namun klean ceritakan pengalaman itu gak mentah-mentah gitu aja. Tapi melalui puisi dengan kata-kata yang puitis yang mengandung makna yang dalam.

Nah, sama kayak film ini. Dia juga mengandung makna yang terselubung di dalamnya. Dan juga mengandung perasaan yang cukup dalam.

Walaupun ya, film ini tetap aneh sih, tapi unik dan keren menurut ane.

Rating Pribadi : 8,3/10


6. REKOMENDASI GAK?


Walaupun ini film alur ceritanya memang aneh dan membagongkan sekali, namun ane tetap merekomendasikan film ini buat klean. Khususnya buat klean yang suka nonton film yang mengandung sebuah makna, bukan hanya cerita mentah-mentah. Dan kalau memang klean selera film dan pemikirannya sama kayak ane, mungkin kalian juga bakal suka dengan pengertian yang khusus bre.

Karena seperti yang ane bilang tadi, film ini memang ceritanya terlihat aneh atau abstrak, tapi sebenarnya keanehannya masih terstruktur dan memiliki amanat yang kuat banget. Jadi kalau klean penasaran ya tonton aja.

*****

Untuk ente yang udah bosen banget sama cerita film yang gitu-gitu mulu, gak ada sensasinya. Ceritanya udah bisa ketebak, kek sinetron indonesia.

Maka ini film ane rekomendasikan banget dah untuk ente tonton. Soalnya ini film beda banget. Walaupun aneh tapi unik aja gitu. Cocok untuk ente yang suka misteri, namun harus cukup mikir secara mendalam ya bre kalau bener-bener mau ngambil makna dari film Detention ini.

Ane pribadi sih suka banget ya. Karena jujur aja, ane kadang bosen juga nonton film yang endingnya kalau gak happy ya sedih. Ceritanya juga itu-itu mulu. Jadi kadang butuh juga nonton film kayak gini.

Dan buat klean yang udah nonton juga, silahkan komen di bawah ya bre. Gimana sih menurut klean film ini.

Okelah bre, cukup sampe di sini dulu ya. Sampai jumpa di film berikutnya!

Wassalamu’alaikum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon