Review Film The Green Mile (1999) - Film Paling Memoriable!

The Green Mile (1999)

Assalamu’alaikum.

Yo bre, selamat datang kembali ke blog ngereview film secara santai dan enjoy, yang bisa klean jadikan rujukan buat nonton film apa malam ini.

Dan pada artikel kali ini bre, ane mau ngereview film yang gak biasanya loh. Kenapa begitu? Karena film yang akan ane review kali ini film yang menurut ane istimewa. Karena film ini memoriable banget bre buat ane. Dan juga mungkin buat sebagian banyak orang lainnya. Karena ane ingat banget dah, dulu pernah waktu kecil nonton film ini bareng Alm. Ayah ane bre. Waktu itu kalau gak salah pas ane masih SD.

Dan sekarang ane coba rewatch lagi ini film, ternyata aura-aura nostalagianya masih kerasa njir. Antara sedih dan haru tiba-tiba menyerang kembali. Dan pikiran-pikiran masa lalu kembali melintas di benak saya yang miskin romansa percintaan ini. (busetdah, malah jadi penyair)

Okelah bre, langsung aja masuk ke pembahasan filmnya ye...

Gaskeun!

1. TENTANG FILM

Judul : The Green Mile
Dirilis Pada : 10 Desember 1999
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : Inggris
Genre : Crime, Drama, Fantasy
Sutradara : Frank Darabont
Penulis : Stephen King
Rating IMDb : 8,6/10

2. PEMERAN

  1. Tom Hanks sebagai Paul Edgecomb
  2. David Morse sebagai Brutus 'Brutal' Howell
  3. Bonnie Hunt sebagai Jan Edgecomb
  4. Michael Clarke Duncan sebagai John Coffey
  5. James Cromwell sebagai Warden Hal Moores
  6. Michael Jeter sebagai Eduard Delacroix
  7. Graham Greene sebagai Arlen Bitterbuck
  8. Doug Hutchison sebagai Percy Wetmore
  9. Sam Rockwell sebagai 'Wild Bill' Wharton
  10. Barry Pepper sebagai Dean Stanton
  11. Jeffrey DeMunn sebagai Harry Terwilliger
  12. Patricia Clarkson sebagai Melinda Moores
  13. Harry Dean Stanton sebagai Toot-Toot
  14. Dabbs Greer sebagai Old Paul Edgecomb
  15. Eve Brent sebagai Elaine Connelly

3. STATUS FILM

Adegan Dewasa  : Sedang (Ciuman)
Kekerasan           : Sedang (Pemukulan, Kursi Listrik)
Rating Usia         : Remaja+

4. SINOPSIS FILM THE GREEN MILE (1999)

Alkisah suatu hari di tanah Amerika, di sebuah penjara, ada bagian ruang tahanan yang disebut dengan The Green Mile. Bagian penjara tersebut berarti tempat atau bagian orang-orang yang akan dihukum mati. Mereka yang akan dihukum mati ditempatkan di bagian penjara ini, berbeda dengan para napi lainnya.

Dan di penjara ini ada beberapa sipir yang menjaganya dan juga seorang lelaki bernama Paul yang menjadi kepala sipirnya. Sebelumnya hari-hari Paul berlalu biasa saja, para napi penerima hukuman mati masuk dan dihukum mati seperti biasa.

Sampai suatu saat masuklah seorang napi yang sangat berbeda dan akan sangat berkesan dan istimewa bagi Paul dan para sipir penjaga tahanan lainnya.

Napi ini bernama Jhon Coffey (seperti nama minuman, hanya beda pengejaaannya saja). Jhon Coffey ini adalah seorang keturunan negro yang memiliki badan yang sangat besar. Ia mendapatkan tuduhan telah membunuh dua orang gadis kecil, karena itu ia dimasukkan ke penjaga The Green Mile untuk dihukum mati.

Hari-hari mulai berlalu, Jhon yang tadinya terlihat mengerikan ternyata memiliki hati yang baik. Ia mulai akrab dengan para napi hukuman mati lainnya, dan juga dengan para sipir.

Sampai suatu saat, Jhon ternyata memiliki sebuah keajaiban. Ia ternyata bisa menyembuhkan penyakit buang air kecil yang diderita oleh Paul. Awalnya para sipir lainnya tidak mengetahui hal itu, bahwa Jhon memiliki kemampuan ajaib.

Sampai suatu saat mereka menyaksikan sendiri bahwa Jhon dapat menghidupkan kembali tikus peliharaan napi lain di penjara tersebut yang sudah mati. Tikus yang tadinya mati dapat segera diselamatkan oleh Jhon Coffey dan berhasil hidup kembali.

Mulai dari sini banyak sekali kebaikan dan keajaiban yang ditunjukkan oleh Jhon Coffey. Si pembunuh dua gadis kecil.

Sampai pada akhirnya Paul mulai menyelidiki, apa benar Jhon yang baik hati telah membunuh gadis-gadis itu, dan berhak mendatkan hukuman mati?






Trailer

5. REVIEW PRIBADI

Ane inget banget, dulu pas masih kecil, ane sama almarhum Ayah ane sering atau hobi banget nonton film-film barat yang suka tayang jam 10 malam ke atas. Banyak banget film yang sudah kami tonton. Dan seingat ane salah satunya adalah film The Green Mile ini.

Jadi gimana yahk, film ini nih bener-bener memoriable banget buat ane.

Dan setelah belasan tahun berlalu, tiba-tiba ane keingat sama ini film. Dan coba nonton ulang lagi. Walau kali ini ane nonton sendirian, gak ditemani sama Ayah ane lagi. Tapi tetap aja, feel film ini masih hampir sama kayak dulu.

Filmnya bener-bener bagus banget, apalagi untuk masanya. Film yang dirilis udah lama banget, pada tahun 1999 ini (pas tahun ane lahir), bener-bener kena banget dramanya.

Ini tuh menurut ane film drama berkulit fantasi yang mantep banget buat ditonton. Ceritanya mendalam, ada aroma-aroma nostalagia buat ane, akting aktornya yang luar biasa bagus, terutama si Jhon Coffey, yang bisa banget mainin karakternya. Dan juga endingnya yang sangat berkesan.

Walaupun filmnya berdurasi cukup panjang ya, sekitar 3 jam. Namun bagi ane itupun masih kurang. Ane masih ingin mengenal Jhon Coffey lebih jauh lagi.

6. REKOMENDASI GAK?


Rekomendasi banget!

Menurut ane, ini salah satu film yang harus kalian tonton, setidaknya sekali seumur hidup. Apalagi buat kalian yang suka banget sama film drama, pastikan kalian sudah tonton film ini.

Buat yang udah pernah nonton di tv dulu, bisa coba tonton ulang kayak ane. Mungkin bisa membangkitkan ingatan nostalagia, dan dapat feel yang belum didapat pas nonton di tv.

The Green Mile, salah satu film yang paling memoriable buat ane.

Rating Pribadi : 9,2/10



*****

Mungkin ini adalah salah satu film dari beberapa film yang buat ane, atau ente bisa nostalagia lagi ya bre. Masih banyak juga kayaknya film lain yang dulu sering atau pernah kita tonton pas masih jaman televisi. Pas di TV masih banyak film box office seru, gak kayak sekarang isinya sinetron sampah sama berita artis gak guna.

Karena itu, tunggu review ane selanjutnya ya bre. Ane bakal review film yang bisa membangkitkan aura nostalagia.

Jangan lupa komen di bawah ya bre, bagi pengalaman ente kalau ente juga udah pernah nonton film yang satu ini.

Wassalamu’alaikum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon