Review Film Day and Night (2019) - Pagi Penolong, Malam Kriminal

Day and Night (2019)

Assalamu’alaikum.

Sebelum masuk ke pembahasan, ane mau tanya sesuatu bre.

Menurut klean, ending sebuah film yang perfect itu yang gimana sih?

Apakah happy ending seperti kebanyakan film. Apakah sad ending, dead ending, atau ending yang gantung ataupun gak jelas?

Kalau ane sih jujur aja, sekarang udah bosen banget nonton film yang happy ending, namun biasa aja. Iya, kebanyakan film sekarang nyelamatin diri buat happy ending, tapi biasa aja, gak ada kesannya sama sekali. Ane sih lebih suka film yang sad ataupun dead ending, namun yang berkesan. Jadi rasanya beda aja gitu, gak harus happy ending melulu.

Tapi ya itu, resikonya nonton film sad ending ya apalagi kalau bukan bakal bikin kita sakit hati dan inget terus itu film sampe berhari-hari lamanya. (wkwkwkwkw)

Tapi ya semua kembali lagi sama selera masing-masing ya bre.

Okedah, kali ini ane mau ngereview sebuah film yang menurut ane cukup kek kamvret. Alasannya? Ya ntar di bawah ane jelasin semuanya. Film ini berjudul Day and Night, yang dirilis pada tahun 2019 lalu.

Kalau gitu langsung aja kita masuk ke pembahasan filmnya ya bre!

Gaskeun!

1. TENTANG FILM

Judul : Day and Night
Dirilis Pada : 26 Januari 2019
Negara : Jepang
Bahasa : Japanese
Genre : Drama
Sutradara : Michihito Fujii
Penulis : -
Rating IMDb : 6.0/10

2. PEMERAN

Shin'nosuke Abe sebagai Koji Akashi

Masanobu Andô sebagai Kenichi Kitamura

Kaya Kiyohara sebagai Nana Ono






3. STATUS FILM

Adegan Kekerasan          : Tinggi (perkelahian, pembunuhan)
Adegan Dewasa              : NO
Rating Usia                     : Remaja

4. SINOPSIS FILM DAY AND NIGHT (2019)

Alkisah suatu hari di negeri yang penuh dengan cewe-cewe cantik dan lelaki pecinta anime, yaitu Jepang.

Ada seorang lelaki bernama Koji Akashi. Koji hari itu pulang dari perantauannya karena mendengar kabar ayahnya yang baru saja meninggal. Koji pulang setelah lama merantau dan bekerja meninggalkan rumahnya tersebut.

Sebenarnya hubungan Koji dengan keluarganya tidak terlalu erat, khususnya dengan ayahnya. Karena sedari kecil, ayah Koji sudah sibuk dengan pekerjaannya, sehingga Koji dan ayahnya jarang bertemu dan tidak begitu dekat dengan hubungan ayah dan anak.

Suatu hari, ketika Koji mengunjungi bengkel peninggalan ayahnya yang sudah tak beroperasi, ia bertemu dengan seorang pemuda yang mengaku banyak dibantu oleh ayahnya Koji sewaktu masih hidup.

Teman ayahnya tersebut bernama Kenichi Kitamura. Kenichi mengatakan bahwa ayahnya adalah seseorang yang baik dan suka menolong. Dan Kenichi juga menawari Koji sebuah pekerjaan. Karena semenjak pulang, Koji menjadi pengangguran dan butuh pekerjaan.

Singkat cerita, Koji menerima tawaran Kenichi. Dan pada suatu malam, ia ikut Kenichi untuk bekerja. Namun yang tak pernah disangka Koji, ternyata pekerjaan yang dimaksud Kenichi adalah mencuri mobil dan menjualnya.

Koji tidak percaya bahwa Kenichi mengatakan bahwa dulu ayahnya Koji juga bekerja sama dengan Kenichi dalam hal mencuri dan menjual mobil.

Namun sisi baiknya, ketika pagi sampai sore, Kenichi mengajak Koji ke sebuah Panti Asuhan anak-anak yang terlantar. Koji mengatakan setiap hari ayahnya Koji sewaktu hidup suka menolong anak-anak di panti asuhan tersebut, dan membuatkan mereka mainan setiap hari.

Koji juga tidak menyangka, bahwa mereka melakukan pencurian di malam hari, dan membantu anak-anak di panti asuhan pada pagi harinya. Kenichi juga menjelaskan, uang hasil menjual mobil curian digunakan untuk menjalankan panti asuhan tersebut dan membiayai hidup anak-anak panti asuhan.

Koji akhirnya perlahan mulai mengenal sosok ayah yang selama ini tidak pernah ia kenal lebih dalam sama sekali. Ia akhirnya mengikuti jejak ayahnya, mencuri pada malam hari dan membantu anak-anak di panti asuhan di pagi hari.

Dan di panti asuhan tersebutlah Koji bertemu dengan seorang gadis yang menurutnya berbeda. Dan ternyata gadis tersebut bukanlah gadis biasa, karena ia memiliki masa lalu yang akan membuat Koji tak bisa berkata-kata.

Lalu, siapakah sebenarnya gadis tersebut, dan apakah Koji akan terus melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh almarhum ayahnya?

TRAILER

5. REVIEW PRIBADI

Film Day and Night ini memang tipikal film jepang banget bre. 

Dengan alurnya yang berjalan lambat dan senyap. Dengan akting para pemainnya yang terlihat kaku dan kadang juga agak lebay. Dan juga setiap alurnya berjalan seperti mengandung sebuah misteri yang takkan pernah terpecahkan.

Namun yang ane sayangkan, film ini sebenarnya mengandung banyak konflik. Namun ntah kenapa konflik-konflik dalam film ini masih samar-samar. Kayak enggak dijelaskan gitu inti konfliknya apaan sebenarnya. Ane yang nonton jadi gagal paham kalau gini.

Juga ini film terdapat plot hole, atau sebuah adegan yang menyisakan tanya tanpa ada adegan penjelasan yang bisa menjawab apa sebenarnya yang terjadi. Suka banget buat orang gagal paham.

Dan mungkin ada sisi baiknya sih ini film, yaitu tentang kekeluargaannya dapat. Tapi minim banget, dan cuma selingan.

Dan menurut ane yang paling kamvret adalah endingnya yang kacau. Ah entahlah, ane kira alur cerita film yang kurang jelas ini bakal diselamatkan oleh endingnya. Eh ternyata malah endingnya kayak kamvret.

Bujaaang bujang.

Sayang banget sih sebenarnya. Karena ane suka sama konsep ceritanya. Tentang pagi jadi penolong, malam jadi pencuri. Namun apa daya, ceritanya malah dikemas jadi gak karuan gitu.

Rating Pribadi : 6,4/10


6. REKOMENDASI GAK?

Kagak sih, ane kagak rekomendasiin film ini.

Jawabannya udah jelas bre, tuh di review udah ane jelasin. Konsepnya bagus, namun ceritanya jadi gak karuan karena adegan-adegan yang kagak jelas. Cuma buat orang penasaran dan begitulah bre.

******

Ya jadi begitulah bre review film Day and Night pada kesempatan kali ini.

Btw, jaga Kesehatan dengan semaksimal mungkin ya bre. Khususnya di zaman virus copit kek gini. Semuanya serba salah. Bahkan mana yang salah dan mana yang benar juga jadi samar-samar. Apalagi dengan keadaan hukum kita yang tajam ke bawah tumpul ke atas kayak gini.

Jadi tetap berjuang dan tetap semangat bre.

Dan sampai jumpa di film berikutnya!

Wassalamu’alaikum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon