Review Film Memories of Murder (2003) - Pembunuhan Yang Tak Pernah Terlupakan

Memories of Murder (2003)

Assalamu’alaikum.

Yo sobat penggemar film semua, welkom bek di blog kesayangan klean ini. Blog yang diurus oleh admin tamvan dan pemberani. Yang akan selalu memberikan update review film terbaru secara santai dan menyenangkan sekali, sehingga membuat hidup klean akan selalu bahagia dan yang belum menikah akan segera menikah. (njir berlebihan, muehehehe)

Tapi serius ini bre, untuk klean yang belum menikah, dan sudah pantas untuk menikah, semoga disegerakan ya bre. Ya walaupun ane sendiri kenyataannya masih jones saja sampe sekarang. (hiks hiks)

Tak apa, jangan bersedih karena jones. Karena kali ini ane akan memberikan sebuah review dan rekomendasi film untuk klean tonton. Buat yang moodnya lagi buruk, semoga bisa membaik dengan menonton film ini. Namun film yang akan ane review santai kali ini bukan bergenre romance bre, tapi film bergenre misteri.

Film kali ini berjudul Memories of Murder, yang dirilis pada tahun 2003. Dari judul filmnya sih keknya ngeri banget ya bre. Dan untuk membuktikannya, langsung saja kita masuk ke pembahasan filmnya berikut ini.

Gaskeun!

1. TENTANG FILM

Judul : Memories of Murder
Dirilis Pada : 02 Mei 2003
Negara : Korea Selatan
Bahasa : Korean
Genre : Crime, Drama, Mystery
Sutradara : Bong Joon Ho
Penulis : Bong Joon Ho, Kwang-rim Kim(play), Sung-bo Shim
Rating IMDb : 8.1/10
 

2. PEMERAN

Kang-ho Song sebagai Detective Park Doo-man
Kim Sang-kyung sebagai Detective Seo Tae-yoon
Roe-ha Kim sebagai Detective Cho Yong-koo
Jae-ho Song sebagai Sergeant Shin Dong-chul
Seo-hie Ko sebagai Officer Kwon Kwi-ok
No-shik Park sebagai Baek Gwang-ho
Tae-ho Ryu sebagai Jo Byeong-soon

3. STATUS FILM

Adegan Kekerasan          : Tinggi (pembunuhan, perkelahian)
Adegan Dewasa              : Sangat Tinggi (adegan wanita vulgar, adegan semi)
Rating Usia                     : Dewasa

4. SINOPSIS FILM MEMORIES OF MURDER (2003)

Alkisah suatu hari di negeri musuh korut, yaitu Korea Selatan, terjadi sebuah kasus pembunuhan berantai di sebuah desa. 

Kasus pembunuhan ini terjadi kepada wanita, dan dilakukan secara keji oleh si pembunuh. Yang aneh dari pola pembunuhan ini adalah, si pembunuh akan membunuh setiap malam yang sedang hujan, dan ketika ia akan membunuh, si pembunuh meminta radio untuk memutarkan sebuah lagu yang sama setiap ia membunuh.

Jadi sebagai polisi detektif di desa tersebut, Park Doo-man ditugaskan untuk membongkar kasus pembunuhan berantai ini dan segera menangkap si pelaku yang selama ini menjadi pembunuh para wanita yang malang tersebut.

Waktu mulai berlalu, Park Doo bersama rekan detektifnya mulai mencari barang bukti dan tersangka. Namun Park Doo dikenal sebagai polisi yang sembarangan menuduh dan ia malah pernah mengaku bisa melihat orang jahat hanya dengan menatap mata orang tersebut.

Seiring berjalannya waktu, pembunuh berantai tadi mulai membunuh wanita lagi, dan menambah daftar korban dari pembunuhan berantai tersebut.

Park Doo yang saat itu semakin bingung, sering menangkap orang yang salah dan dijadikan tersangka. Ia kehabisan akal dan kehilangan jejak dari si pembunuh yang kejam tersebut.

Akhirnya pada saat itu dikirimlah seorang detektif dari kota untuk membantu Park Doo mengungkapkan kasus pembunuhan itu. Detektif yang dikirim untuk menemani Park Doo bernama Seo Tae.

Berbeda dengan detektif Park Doo yang gegabah dan suka berprasangka buruk. Detektif Seo Tae justru orang yang sangat tenang dan teliti. Dengan kepribadian yang berbeda, Park Doo dan Seo Tae mulai menelusuri jejak tersangka pembunuhan dan mereka memiliki satu tujuan yang sama.

Yaitu menangkap si pembunuh berantai yang keji ini secepat mungkin.

Namun walaupun begitu, perjalanan mereka tidaklah mulus. Banyak tantangan dan teka-teki yang harus mereka lewati untuk menangkap si pembunuh yang tak juga menampakkan batang hidungnya.

Mereka juga sampai kehilangan seseorang yang menjadi korban atas kekejaman si pembunuh berantai tersebut. Lalu ketika mereka mencurigai seorang lelaki dan menangkapnya, apakah mereka telah berhasil menangkap pembunuh berantai yang sebenarnya?

Dan apa sebenarnya motif si pembunuh tersebut?






TRAILER

5. REVIEW PRIBADI

Pertama, yang mau ane katakan adalah film Memories of Murder ini adalah sebuah film dengan alur yang berjalan lambat, ataupun film yang berjalan santai. Perlahan-lahan dan terus meningkat konflik yang ada di dalam ceritanya.

Jadi klean harus bisa sabar dan bener-bener ngikutin cerita film ini bre. Karena pada dasarnya memang begitulah tipikal film misteri.

Dan di dalam film ini, banyak adegan yang nantinya akan membuat klean banyak menebak-nebak dan berprasangka buruk kepada pemain-pemain yang ada di dalam film ini.

Jadi ya, film ini akan mempermainkan emosi klean. Dengan memberikan dugaan-dugaan yang berujung dengan kesalahan. Jadi ya mungkin film ini juga sudah berhasil ya memainkan emosi ane.

Nah, selain ceritanya yang berjalan secara lambat dan naik turun tadi. Ending dari film ini sebenarnya mulai melonjak konflik yang diberikan.

Yap, endingnya sudah benar-benar hampir klimaks. Tapi entah kenapa, menurut ane masih gantung dan meninggalkan misteri yang belum terjawabkan.

Atau mungkin misterinya sudah terjawab, namun ane aja yang gak menyadari ya? Pokoknya begitulah. Konflik di ending bener-bener memuncak, karena ada kejadian yang dramastis sekale bre.

Ya, buat klean yang suka sama film misteri, mungkin film ini cocok untuk sebagian dari klean. Ya walaupun film ini rilisan tahun yang udah cukup lumayan lama ya. Tahun 2003.

Tapi film yang dirilis tahun 90'an sekalipun. Kalau memang bagus, udah pasti bagus aja. Dan film yang dirilis tahun ini, kalaupun emang jelek, ya udah jelek aja. Ya gak bre?

Semua tergantung selera masing-masing kali yak.

Rating Pribadi : 8,1/10


6. REKOMENDASI GAK?

Sebenarnya film ini bagus-bagus aja ya menurut ane. Cuma ya itu tadi, emang tipe filmnya berjalan lambat, seperti kebanyakan film misteri lainnya.

Jadi jawabannya Yes, ane rekomendasiin aja kok film ini buat klean bre. Khususnya buat klean yang suka banget film korea, dan film yang bergenre misteri.

Ini film bisa banget masuk list klean.

Namun yang perlu diingat film ini gak cocok buat ditonton anak-anak ataupun ditonton bersama keluarga ya bre. Karena memang ada beberapa penampilan vulgar dan juga kekerasan yang cukup tinggi. Karena itu ane kasih rating dewasa. Yang penting bagaimana cara kita saja mengaturnya bre.

******

Nah jadi bagaimana, tertarik gak klean buat nonton film misteri pembunuhan yang satu ini?

Kalau penasaran sama filmnya, silahkan langsung tonton saja bre. Dan buat yang sudah nonton, silahkan tinggalkan komentar kalian tentang film ini ya bre. Apakah filmnya memang keren buat ditonton, atau malah membosankan. Silahkan tulis saja bre sesuai dengan yang klean rasakan, karena kita hanya berbagi cerita di sini.

Okelah, sampai jumpa di film berikutnya ya bre.

Wassalamu’alaikum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon