Review Film The Unholy (2021) - Film Misteri Berbalut Horor Religius

The Unholy (2021)
Assalamu’alaikum.

Selamat pagi orang-orang lemah, yang kalau nonton film hantu, pas adegan hantunya mau muncul selalu tutup muka pake tangan atau selimut. Eh bre, kalau gitu cara nontonnya, jadi darimana dapat feel seremnya coba? Kan nonton film horror emang buat serem-sereman, ini malah tutup mata pas hantunya muncul, njir.

Oiya, ngebahas soal film horror. Kali ini ane mau ngereview sebuah film horor yang berjudul The Unholy yang baru saja dirilis pada Tahun 2021 ini. Namun menurut ane pribadi, ini film lebih kena ke Mistery sih daripada horornya. Namun tetep ada adegan-adegan creepynya bre.

Yang penting seperti yang ane bilang tadi. Kalau pas hantunya mau nongol, klean jangan malah tutup mata bujang. Kalau emang gak sanggup nonton film horror, mending ke rumah ane aja biar kita nobar film Final Destination. (Muehehehe)

Okelah, langsung aja kuy bre kita ke pembahasan filmnya.

Gaskeun!

1. TENTANG FILM

Judul : The Unholy
Dirilis Pada : 31 Maret 2021
Negara : United States
Bahasa : English
Genre : Drama, Horror, Mistery
Sutradara : Evan Spiliotopoulos
Penulis : Evan Spiliotopoulos, James Herbert
Rating IMDb : 5,0/10
 

2. PEMERAN

Jeffrey Dean Morgan sebagai Gerry Fenn
Cricket Brown sebagai Alice
William Sadler sebagai Father Hagan
Katie Aselton sebagai Natalie Gates
Cary Elwes sebagai Bishop Gyles
Diogo Morgado sebagai Delgarde
Marina Mazepa sebagai Mary of Elnor (Entity)

3. STATUS FILM

Adegan Kekerasan          : Sedang (Kerasukan, Pembunuhan)
Adegan Dewasa              : No
Rating Usia                     : Remaja+

4. SINOPSIS FILM UNHOLY (2021)

Alkisah suatu hari di tanah para kafir, eh maksudnya tanah Amerika. Hidup seorang pria yang bernama Gerry Fenn.

Gerry Fenn ini berprofesi sebagai jurnalis. Namun ia memiliki banyak sekali masalah dalam karirnya. Karena dia suka mengarang berita untuk stasiun tv, yang bermaksud untuk membesarkan namanya.

Sehingga orang-orang sudah kenal dengan Gerry Fenn, yang suka membual atau membuat cerita karangan hanya untuk mempopulerkan dirinya sebagai jurnalis. (Padahal kan masih banyak berita bagus diluar sana, contohnya seperti Patrick yang menikahi tiang, itu bisa menjadi berita bagus).

Nah, suatu hari yang gelap dan murung, Gerry ini berkendara ke sebuah desa kecil untuk mencari berita. Namun setibanya di sana, ia hanya menemukan hal yang tidak penting.

Namun di desa itu Gerry menemukan sebuah boneka. Dan dengan sengaja ia memecahkan boneka tersebut. Yang tidak ia sadari bahwa boneka itu digunakan untuk memenjarakan makhluk kegelapan.

Semanjak kejadian itu, secara tidak sengaja Gerry bertemu dengan seorang gadis yang bernama Alice. Ketika berkendara di malam hari, ia hampir saja menabrak Alice.

Alice yang saat itu tidak dapat berbicara dan tuli. Tiba-tiba saja sejak kejadian boneka yang dipecahkan si Gerry itu, Alice bisa berbicara dengan lancar. Alice mengatakan bahwa ia sudah diberi berkah oleh Bunda Maria.

Sejak saat itu, Alice secara mendadak menjadi populer di gereja. Ia dipercaya bisa berbicara dengan bunda Maria. Dan ia juga bisa menyembuhkan penyakit orang-orang yang datang menemuinya. Sehingga membuat ia semakin populer.

Dan Gerry sebagai teman baru Alice, ia yang berperan besar membuat Alice terkenal. Karena berita yang ia liput. Ia pikir akhirnya kali ini dirinya berhasil menemukan berita yang sangat besar, dan membuat dirinya terkenal.

Namun setelah keajaiban-keajaiban itu, keanehan-keanehan pun mulai terjadi. Alice menjadi semakin sering berbicara dengan yang ia sebut bunda maria. Pengikut Alice pun semakin banyak.

Namun dibalik semua itu, Gerry perlahan-lahan sadar, ada yang tidak beres dengan Alice. Ia merasakan kegelapan yang dekat dengan Alice, bukan agama. Gerry semakin mencari kebenaran, apakah benar Alice mendapatkan kekuatan suci, atau malah ia dimanfaatkan oleh iblis yang menyamar?

Kejadian-kejadian buruk mulai terjadi. Bunuh diri, kematian. Kerasukan. Apakah Gerry yang tadinya seorang jurnalis curang, bisa menguak cerita yang sebenarnya di balik berkah yang dimiliki Alice?






TRAILER

5. REVIEW PRIBADI

Pertama-tama, mungkin menurut ane ini film lebih ke genre Misteri ya, daripada horor hantu gitu. Karena sepanjang adegan film berjalan, memang penonton disuguhi kejadian-kejadian yang penuh misteri.

Namun tetap di film ini ada beberapa jumpscare yang membuat saya kaget. Yang artinya film ini masih bisa menghanyutkan saya dalam ceritanya, dan seketika tanpa diduga-duga, memberikan lonjakan atau kejutan yang seharusnya memang dimiliki film horor.

Karena ya kurang lengkap aja gitu kalau misalnya film horor tanpa adegan jumpscare yang ngebuat jatung degdegser. (Muehehehe)

Dan untuk kalian yang gak sabaran, perlu diketahui bahwa film The Unholy ini menggunakan alur yang berjalan lambat, atau lebih tepatnya senyap.

Ya, jadi film ini menyuguhkan story yang harus diikuti secara sabar dan santai. Karena seperti yang ane bilang tadi, ini lebih ke film misteri. Dan film misteri pasti harusnya menghanyutkan penonton dulu ke dalam storynya.

Namun buat saya sih lumayan storynya. Buat tontonan santai dengan sedikit jumpscare yang dibalut misteri tentang iblis yang menyamar sebagai makhluk suci. Dan memanfaatkan para pengikutnya yang sudah terjebak.

Rating Pribadi : 7,8/10


6. REKOMENDASI GAK?

Jika kalian suka dengan film yang tadi saya katakan senyap atau berjalan dengan lambat, yang dipenuhi oleh misteri-misteri berbalut horor religius. Maka film ini ya saya rekomendasiin aja sih. No problem.

Karena ada beberapa adegan yang epic juga, seperti yang ada di trailernya.

Namun untuk yang berharap filmnya bakal selalu ada lonjakan atau kejutan dan membuat takut setengah mati seperti film Insidious. Mungkin ekspetasi kalian berlebihan bre.

Dan yang jadi poin yang membuat saya ingin menonton film ini juga karena ada si Negan yang jadi aktornya. Penonton setia series The Walking Dead pasti tau siapa yang ane maksud. (Damn Rick!) mueheheh.

******

Jadi segini dulu lah ya bre review santai pada kesempatan kali ini.

Seperti biasa bre, buat yang belom nonton ini film, monggo saya persilahkan nonton. Tapi ingat bre, ini hanyalah sebuah film. Apalagi ini film horror mistery, dan juga mengandung unsur agama. Jadi buat yang pengen aja, buat yang gak pengen nonton silahkan skip. Semua pilihan ada di mata klean.

Dan buat yang udah nonton, kuylah share kesan klean soal film The Unholy ini di kolom komentar.

Sampai jumpa di film berikutnya bre!

Wassalamu’alaikum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon