8 Rekomendasi Film Romance Dari Jepang Terbaik Untuk Ditonton

rekomendasi film romance jepang terbaik


Assalamu’alaikum.

Yo bre, ane mau tanya sesuatu nih. Apakah klean yang baca ini adalah seorang jomblo yang hatinya sudah menjadi dingin?

Atau kalian seorang kasmaran yang sedang dilanda cinta?

Kalau iya, buat klean yang jomblo, beberapa film berikut ini sangat cocok untuk klean tonton, supaya hati klean yang tadinya dingin bisa kembali hangat. Dan buat yang sedang kasmaran, film berikut ini juga cocok untuk ditonton, agar menambah arti percintaan yang sedang klean jalanin. Tapi ane yakinnya sih kebanyakan pasti masih jomblo ya? Makannya nonton film romance. Kalau punya pasangan kan mending langsung dipraktekkin. (muehehehehe)

Entah kenapa ane itu lebih suka film romance dari negara-negara asia bre, khususnya Jepang. Klean samaan gak kayak ane?

Karena ane pikir jepang itu punya ciri khas tersendiri pada filmnya. Selain budayanya yang kuat dan negaranya yang terkenal dengan orang-orangnya yang sopan dan cantiknya natural, film jepang juga memiliki aura tersendiri bre. Yang susah untuk diungkapkan, namun bisa untuk kita nikmati.

Karena itulah, berikut ini ane akan memberikan rekomendasi film romantis jepang. Film-film berikut ini pastinya sudah ane tonton langsung bre. Dan memang film-film ini ane pilih secara pribadi dari pengalaman ane nonton ini film. Yang pastinya film-film romance jepang ini bagus dan menarik untuk ditonton.

Okelah, langsung saja kita masuk ke film yang pertama ya bre.

Gaskeun!

1. My Rainy Days (2009) / Tenshi no koi (2009)

Tenshi no koi (2009)

Film bergenre romance asal Jepang yang pertama ini berjudul My Rainy Days atau judul jepangnya adalah Tenshi no koi yang dirilis pada tahun (2009).

Udah lumayan tua juga ini film ya sob. Tapi jangan salah, walaupun film ini tergolong film yang cukup lama, namun ceritanya tetap bisa bikin klean baper dan terharu. Film ini menceritakan tentang sebuah hubungan antara seorang guru lelaki dengan seorang gadis yang menarik untuk ditonton.

Alur Cerita Film My Rainy Days: “Seorang gadis SMA yang Bernama Rio tak pernah merasakan cinta yang sesungguhnya, sampai dia tak sengaja mengenal dan bertemu dengan seorang guru SMA yang bernama Kouki. Yang unik adalah Kouki adalah seorang pria dewasa yang cukup cuek dan terlalu polos. Dan Rio mengajak guru tersebut untuk menjalin hubungan cinta. Namun tak sampai di situ, ternyata Kouki diketahui memiliki penyakit kanker otak yang menyebabkan ia harus menjauh dari Rio. Disaat Rio sudah sangat dekat dengan Kouki, dan Kouki juga sudah bisa menerima Rio, namun disaat itu pula Kouki merasa harus menjauh.”

Awal filmnya lumayan buat baper dan sedikit gemes ya, ngelihat peran si Rio yang lumayan centil namun dengan lelaki yang cukup kaku dan polos seperti Kouki. Cerita cinta kayak gini selalu saja menarik, ya gak bre?

Silahkan tonton langsung saja ya bre.

Trailer My Rainy Days (2009)

2. The 8 Years Engagement (2017) / 8-nengoshi no hanayome (2017)

The 8 Years Engagement (2017)

Film romantis yang satu ini bener-bener mengandung kisah cinta yang dalam dan kuat banget. Apalagi film ini diadaptasi dari kisah nyata. Jadi pasti feel di dalam film akan akan semakin terasa dan bener-bener buat baper bre.

Film yang berjudul The 8 Years Engagement, atau memiliki judul jepang 8-nengoshi no hanayome ini dirilis pada tahun 2017 lalu.

Alur Cerita Film The 8 Years Engagement: “Film ini menceritakan tentang kesetiaan yang luar biasa dari seorang lelaki bernama Hisashi yang sangat mencintai dan menyayangi seorang gadis bernama Mai dengan tulus. Setelah pertemuan Hisashi dengan Mai di acara reunian, mereka jatuh cinta dan menjalin hubungan cinta. Namun setelah bertunangan, Mai jatuh sakit dan koma, namun Hisashi selalu setia merawat dan menemani Mai sampai sadar. Dan ia berjanji akan menunggu Mai sembuh dan menikahinya.”

Seperti yang saya katakan tadi, bahwa film ini diadaptasi dari kisah nyata. Dan banyangin saja coba, klean berjuang untuk orang yang klean cintai selama bertahun-tahun lamanya. Dan ketika ia sadar, ia malah tak mengenal klean sama sekali. Padahal sebelumnya klean berdua saling mencintai bahkan akan menikah.

Silahkan tonton filmnya dan selamat berbaperan ya bre.

Trailer The 8 Years Engagement (2017) 

3. I Give My First Love to You (2009) / Boku no hatsukoi wo kimi ni sasagu (2009)

I Give My First Love to You (2009)

Nah, ini nih salah satu film romantis yang bikin dada ane nyesek bre.

Film yang berasal dari jepang ini berjudul I Give My First Love to You atau judul jepangnya adalah Boku no hatsukoi wo kimi ni sasagu. Film ini dirilis pada tahun 2009 lalu, dan ane nonton film ini mungkin sekitar tahun 2018 atau 2019 lalu. Sudah lama juga bre, jadi sudah lupa.

Biasanya sih kebanyakan film romance jepang itu kaku ya, tapi untuk film ini menurut ane enggak kaku. Dan film yang satu ini juga memberikan kesan yang cukup mendalam dan sedih. Ane sendiri saja kayaknya kemaren pas selesai nonton film ini, beberapa hari setelahnya masih nyesek saja rasanya kalau teringat sama ini film bre.

Alur Cerita Film I Give My First Love to You“Film ini menceritakan tentang seorang anak lelaki kecil penyakitan yang bernama Takuma. Pada saat kecil, Takuma berjanji kepada teman dekatnya, seorang gadis cilik yang bernama Mayu. Ia berjanji ketika sudah besar, Takuma akan menikahi Mayu. Namun ketika sudah menginjak bangku SMA, Takuma menyadari bahwa kondisinya semakin lemah dan ia sadar bahwa umurnya tidak akan bertahan lebih lama lagi. Karena itu ia menjauhi Mayu karena takut tidak bisa menepati janji masa kecilnya. Namun Mayu tetap setia mencintai Takuma dan memaksa untuk terus bersamanya.”

Buat klean yang gampang banget baperan dan susah move on dari film sedih, maka siapkan mental ya bre buat nonton film yang ngebaperin ini. (muehehehe)

Tapi filmnya bagus kok, sayang kalau dilewatin.

Trailer I Give My First Love to You (2009)

4. Josee, the Tiger and the Fish (2003) / Joze to tora to sakana tachi (2003)

Joze to tora to sakana tachi (2003)

Nah, film yang satu ini unik dan cukup berkesan banget buat ane ini. Karena ceritanya memang unik dan bagaimana begitu ya, beda banget dah dari cerita-cerita romance yang kebanyakan. Judulnya Josee, the Tiger and the Fish atau judul jepangnya adalah Joze to tora to sakana tachi yang dirilis pada tahun 2003.

Mungkin karena film ini unik banget atau bagaimana, sekarang sampai ada versi anime, dan versi china atau koreanya. Ane kurang tahu, yang ane tahu ini film yang versi originalnya sih. Karena film-film versi lainnya dirilis lama setelah film ini rilis.

Alur Cerita Film Josee, the Tiger and the Fish: “Film ini menceritakan tentang kisah cinta seorang wanita bernama Joze yang tidak bisa berjalan. Jadi si Joze ini tinggal berdua dengan neneknya dan ke mana-mana ia didorong menggunakan keranjang untuk membawa Joze. Hingga suatu saat ketika kereta dorong Joze terjatuh, ia tak sengaja dipertemukan dengan Tsuneo. Ia adalah seorang mahasiswa yang sedang bekerja paruh waktu. Tak disangka dari pertemuan itu Tsuneo terus melihat dan menemui Joze serta membantunya. Bahkan ketika nenek Joze meninggal, Tsuneo yang selalu setia menemani Joze. Mereka pun akhirnya menjalani hubungan cinta. Walau harus berakhir sedih.”

Film yang unik memang, walaupun film ini rilisan tahun lama, tapi ceritanya tetap bisa untuk kita ikuti. Dan menurut ane bagaimana ya, kisah cinta yang melibatkan seseorang yang tidak sempurna, mohon maaf, misalnya tentang orang buta, orang tuli/bisu, atau orang lumpuh, itu kisah cintanya bisa lebih dalam daripada kisah cinta biasa.

Karena cinta dalam ketidaksempurnaan itu sebenarnya lebih sempurna daripada kisah cinta biasa, merasa begitu juga gak bre?

Filmnya sih cukup kalem, jadi pas untuk ditonton pas lagi nyantai bre.

Trailer Josee, the Tiger and the Fish (2003)

5. My Love Story!! (2014) / Ore Monogatari!! (2014)

My Love Story!! (2014)

Film yang satu ini diadaptasi dari sebuah manga atau anime bre.

Film yang berjudul My Love Story!! ini, atau judul jepangnya adalah Ore Monogatari!! Dirilis pada tahun 2014 lalu. Dan ini juga menjadi salah satu film romantis favorite ane, dan sudah beberapa kali ane tonton ulang. Karena ane memang suka banget sama tipe film romance yang model begini.

Alur Cerita Film My Love Story!!“Film ini menceritakan tentang seorang lelaki berbadan besar dan memiliki alis tebal serta suara yang keras, ia bernama Takeo. Karena penampilannya yang mengerikan tersebut, Takeo selalu saja tidak bisa mendapatkan pacar. Namun suatu hari ia bertemu dengan seorang gadis imut bernama Rinko yang mencintai Takeo dengan tulus karena kebaikannya. Namun Takeo mengira Rinko mendekatinya karena suka kepada temannya. Walaupun Taeko juga sebenarnya sangat menyukai Rinko”

Film romantis yang satu ini bener-bener aman banget buat ditonton. Dengan kisah cintanya yang unik dan polos banget. Film ini juga mengandung komedi yang akan membuat penonton tertawa di sela-sela film. Namun tetap saja film ini akan membuat klean baper.

Silahkan langsung saja ditonton bre. Ane yakin film ini bisa mengobati hati ente dan mood ente yang sedang hancur.

Trailer My Love Story!! (2014)

6. Your Eyes Tell (2020) / Kimi no me ga toikaketeiru (2020)

Your Eyes Tell (2020)

Film berikut ini berjudul Your Eyes Tell atau judul jepangnya Kimi no me ga toiketeiru yang dirilis pada tahun 2020 lalu. Dan sebenarnya ini bukan film original sih, karena film ini ceritanya sama dengan film korea yang berjudul Always yang tayang pada tahun 2011 lalu. Jadi film Your Eyes Tell ini adalah versi jepangnya. Kalau klean sudah nonton versi koreanya pasti sudah tidak asing dengan jalan cerita film ini.

Walaupun ceritanya sama, namun tidak sama persis semuanya loh bre. Bahkan endingnya beda, dan ada beberapa alur yang dibuat beda. Yang pastinya aktor dan pembawaan akting orang jepang dengan orang korea sudah pasti beda.

Alur Cerita Film Your Eyes Tell: “Film ini menceritakan tentang seorang lelaki mantan Kick Boxer yang bernama Rui. Dia menjalani hidupnya dengan putus asa dan tak semangat. Sampai suatu saat ia bertemu secara tak sengaja dengan seorang wanita buta/tuna netra yang bernama Akari. Sejak pertemuan itu, hubungan mereka terus berlanjut hingga pacaran. Namun semakin mereka dekat, masa lalu Rui kembali menghantuinya dan rahasia tentang Rui yang tidak pernah diketahui Akari akan terbongkar.”

Nah film cocok ini buat klean yang sudah gak semangat hidup. Yang lagi putus asa, mungkin klean butuh asupan film romance macam ini. Ya setidaknya bisa membuat mood klean yang tadinya buruk kembali membaik. Walaupun kenyataan yang sebenarnya tak akan berubah. (muehehehe)

Becanda bre. Gimanapun masalah hidup, kita harus tetap bertahan. Dan buat klean yang belom nonton filmnya, silahkan tonton yaa.

Trailer Your Eyes Tell (2020)

7. My Tomorrow, Your Yesterday (2016) / Boku wa asu, kinou no kimi to dêto suru (2016)

Boku wa asu, kinou no kimi to dêto suru (2016)

Film yang satu ini berbalut sedikit fantasy, dan memiliki jalan cerita yang mungkin sedikit membingungkan namun memiliki keunikan tersendiri bre.

Judulnya adalah My Tomorrow, Your Yesterday atau judul jepangnya adalah Boku wa asu, kinou no kimi to dêto suru yang tayang pada tahun 2016 lalu. Seperti yang ane bilang tadi, film jepang yang satu ini berbalut sedikit fantasy, dan memiliki jalan cerita yang unik serta menyimpan haru di endingnya. Buat klean yang suka dengan film yang beda, atau dengan jalan cerita yang unik, klean harus coba tonton film ini.

Alur Cerita Film My Tomorrow, Your Yesterday: “Film ini menceritakan tentang seorang mahasiswa bernama Takatoshi Minamiyama yang bertemu dan jatuh cinta pada pandangan pertama dengan gadis di kereta yang bernama Emi Fukuju. Ia akhirnya memberanikan diri menembak Emi dan akhirnya mereka menjalin hubungan cinta. Namun setelah hubungan mereka berjalan, ternyata Emi mengatakan sebuah rahasia yang sangat mengejutkan Takatoshi. Emi mengatakan kalau waktu berjalan mundur baginya, sedangkan waktu berjalan maju bagi Takatoshi.”

Menurut ane filmnya bagus ya bre. Cukup kalem dan lembut, namun jalan ceritanya cukup menantang. Dan juga endingnya yang mengandung haru. Pokoknya untuk klean penggemar film romance jepang silahkan tonton saja bre.

Trailer My Tomorrow, Your Yesterday (2016)

8. Kiyoku Yawaku (2013)

Kiyoku yawaku (2013)

Dan film romance dari negara sakura terakhir di artikel ini yang ane rekomendasikan untuk klean berjudul Kiyoku Yawaku yang dirilis pada tahun 2013.

Sebenarnya ane sedikit jengkel sama cewek yang ada di film ini, tapi ya filmnya sih tetap lumayan ya. Masih bisalah masuk kategori sebagai film yang bisa ane rekomendasikan untuk klean tonton. Ya karena nyari film yang enak juga kan susah, ya gak bre?

Alur Cerita Film Kiyoku Yawaku: “Seorang gadis bernama Kanna Seto pernah kehilangan teman dekat masa kecilnya yang bernama Haruka dalam kecelakan mobil ketika ia masih mahasiswa baru di sekolah menengah. Sejak kejadian itu, Kanna menjadi sangat terluka, karena ia juga menyayangi Haruka, dan Haruka benar-benar mencintainya. Kemudian Kanna bertemu dengan seorang lelaki yang bernama Roku Akazawa, yang juga memiliki pengalaman menyakitkan dari masa lalunya. Yang hampir mirip dengan kisah Kanna. Roku pun mencoba membuat Kanna untuk merasakan cinta lagi.”

Memang sudah pasti berat rasanya jatuh cinta lagi setelah kita kehilangan seseorang yang bener-bener kita sayang, ya gak bre?

Tapi ya mau gimana, hidup harus tetap berjalan. Yang penting dia akan selalu hidup di dalam hati dan pikiran kita. (eaaaak)

Trailer Kiyoku Yawaku (2013)


******

Jadi itulah tadi 8 film romantis jepang yang bagus untuk ditonton bre.

Siap-siap saja bakalan baper ataupun terharu ya bre. Karena film jepang walaupun kadang terlihat kaku dan senyap, namun sebenarnya film jepang mengandung makna yang sangat dalam dan hanya bisa dimengerti oleh orang-orang yang memiliki perasaan yang sangat dalam. (ciee ciee)

Okelah bre, nantikan artikel rekomendasi film yang selanjutnya ya bre. Dan jangan lupa komen dan share artikel ini buat teman klean yang suka film jepang.

Sampai jumpa di film berikutnya!

Wassalamu’alaikum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon